Posted by : Rigen Suryadi Senin, 30 Juli 2012

Piala Dunia FIFA yang pertama diselenggarakan pada tahun 1930. Kejuaraan ini diselenggarakan di Uruguay, juara Olimpiade saat itu. Uruguay menjadi juara yang pertama, mengalahkan Argentina di final dengan hasil 4–2.
Piala Dunia ini adalah satu-satunya yang tanpa melalui babak kualifikasi. Keikutsertaan tim hanya melalui undangan. Sangat sedikit tim dari Eropa yang mengikuti turnamen ini, karena susahnya perjalanan menyeberangi Samudra Atlantik. Dua bulan sebelum kompetisi dimulai, tidak ada satu negara pun di Eropa yang mau turut serta. Hanya berkat campur tangan dari Presiden FIFA saat itu, Jules Rimet barulah empat tim dari Eropa bergabung, yaitu: Belgia, Perancis, Rumania, dan Yugoslavia.

Ringkasan

Tiga belas tim peserta dibagi kepada empat grup, dan pertandingan pertama dilaksanakan pada 13 Juli di mana Perancis mengalahkan Meksiko dengan skor 4–1. Gol pertama Piala Dunia diciptakan oleh Lucien Laurent, sedangkan hat-trick pertama diciptakan pemain Amerika Serikat, Bert Patenaude saat melawan Paraguay. Empat pemenang grup, Argentina, Yugoslavia, Uruguay, dan Amerika Serikat, melaju ke babak gugur.

Pada babak semifinal, kedua pertandingan sama-sama berakhir 6–1, Argentina mengalahkan Amerika Serikat dan Uruguay mengalahkan Yugoslavia. Tidak ada perebutan tempat ketiga sehingga Amerika Serikat dan Yugoslavia dianggap sebagai juara ke 3 bersama.

Final Piala Dunia pertama berlangsung di Stadion Centenario, Montevideo, pada 30 Juli yang berakhir dengan kedudukan 4–2 untuk kemenangan Uruguay atas Argentina.Pada final itu,kedua finalis saling berdebat bahwa bola buatan mereka kualitas paling bagus(saat itu belum ada bola resmi,bola resmi baru ada tahun 1966). Akhirnya bola milik Argentina dipakai pada babak pertama,dan bola Uruguay pada babak kedua.


Lambang Asosiasi Tim Nasional Uruguay
Juara Edisi Pertama
 Uruguay
Gelar Pertama

wikipedia.org

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 My Note - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -