Posted by : Rigen Suryadi Selasa, 07 Agustus 2012

Mengenang pelajaran sejarah dulu sobat..haha...Ya, tanggal 7 Agustus 1945 BPUPKI ( Badan Penyelidik Usaha-usaha Kemerdekaan Indonesia ) Merubah namanya menjadi PPKI ( Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia ) atau di dalam bahasa Jepang di sebut Dokuritsu Junbi Cosakai (独立準備調査会).

Tentang PPKI

Suasana sidang pertama PPKI. sumber: Jakarta.go.id
Badan Penyelidik Usaha-usaha Kemerdekaan Indonesia (atau dalam Jepang: Dokuritsu Junbi Cosakai dilafalkan Dokuritsu Zyunbi Tyoosakai atau Dokuritsu Junbi Chōsakai (独立準備調査会)) adalah sebuah badan yang dibentuk oleh pemerintah pendudukan balatentara Jepang pada tanggal 29 April 1945 bertepatan dengan hari ulang tahun Kaisar Hirohito. Badan ini dibentuk sebagai upaya mendapatkan dukungan bangsa Indonesia dengan menjanjikan bahwa Jepang akan membantu proses kemerdekaan Indonesia. BPUPKI beranggotakan 63 orang yang diketuai oleh Radjiman Wedyodiningrat dengan wakil ketua Hibangase Yosio (orang Jepang) dan Raden Pandji Soeroso.

Di luar anggota BPUPKI, dibentuk sebuah Badan Tata Usaha (semacam sekretariat) yang beranggotakan 60 orang. Badan Tata Usaha ini dipimpin oleh R.P.Soeroso, dengan wakil Abdoel Gafar Pringgodigdo dan Masuda (orang Jepang). Tugas dari BPUPKI sendiri adalah mempelajari dan menyelidiki hal-hal yang berkaitan dengan aspek-aspek poplitik, ekonomi, tata pemerintahan, dan hal-hal yang diperlukan dalam usaha pembentukan Indonesia Merdeka.

Pada tanggal 7 Agustus 1945, Jepang membubarkan BPUPKI dan membentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau (Jepang: Dokuritsu Junbi Inkai) dengan anggota berjumlah 21 orang sebagai upaya pencerminan perwakilan etnis, terdiri berasal dari 12 orang dari Jawa, 3 orang dari Sumatra, 2 orang dari Sulawesi, 1 orang dari Kalimantan, 1 orang dari Nusa Tenggara, 1 orang dari maluku, 1 orang dari Tionghoa.

Wikipedia.org

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 My Note - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -